Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Mitos Angker

Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi – Hai Readers, sudah pernahkah kalian berkunjung ke Alas Purwo Banyuwangi? Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu dari sekian taman nasional yang terbesar di Indonesia. Taman nasional ini memiliki luas sebesar 434 km dan menghimpun banyak flora dan fauna di dalamnya. Tapi tahukah anda bahwa dibalik kekayaan flora dan fauna yang dimiliki, taman nasional yang satu ini juga banyak menyimpan cerita angker di dalamnya. Kira-kira seperti apa ya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Cerita ini masih menjadi misteri hingga hari ini, banyak penduduk setempat yang masih meyakini bahwa di dalam taman nasional Alas Purwo Banyuwangi ini banyak terdapat jin. Sejak negara kita belum terjajah, konon tidak ada satu pun orang yang berhasil pulang dengan selamat setelah memasukki tempat yang bernama Alas Purwo ini. Hal ini semakin mencekam ketika kita mengetahui bahwa jasad seseorang yang tak tertolong di sana, tidak berhasil ditemukan. Apabila ada seseorang yang bisa berhasil pulang dengan selamat, maka tidak lama kemudian dirinya akan mendapatkan sebuah musibah atau kecelakaan yang hebat.

Cerita Keangkeran Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Banyaknya mitos yang beredar tentang tempat ini, akhirnya banyak orang yang datang kemari untuk melakukan sebuah pertapaan. Taman nasional Alas Purwo Banyuwangi ini memiliki lebih dari 40 goa dan goa tersebutlah yang banyak digunakan orang untuk melakukan pertapaan.

Bila anda berkunjung ke Taman Nasional ini, maka anda akan mendapati sebuah goa yang cukup terkenal, namanya adalah Goa Istana. Konon Presiden Soekarno pernah mengunjungi Goa tersebut, beliau juga melakukan pertapaan dan menenangkan diri. Banyak penduduk setempat yang bercerita bahwa di Goa tersebutlah akhirnya Presiden Soekarno kita bertemu dengan Ratu Penguasa Laut Selatan, yang bernama Nyi Roro Kidul. Tak hanya sampai di situ saja, cerita ini juga berlanjut dengan adanya kabar bahwa Goa ini juga dulu pernah dijadikan sebagai tempat pertemuan para raja untuk berdiskusi dan mencari ketenangan.

Seorang paranormal berkata bahwa Goa Istana terseut merupakan inti dari Alas Purwo Banyuwangi, di mana Goa tersebut dijaga oleh dua penjaga yang memiliki tubuh yang besar. Ia juga mengatakan bahwa banyak jin yang tinggal di dalam Goa ini.

Selain terdapat Goa Istana, anda juga akan mendapati sebuah makam yang panjangnya kurang lebih 7 meter. Tempat ini juga banyak digunakan orang untuk bersemedi atau melakukan sebuah pertapaan. Makam ini bernama Makam Mbah Dowo. Makam tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1960, sekelompok anak pengembala kambing menemukan makan tersebut saat mereka tersesat. Adapun lokasi dari makam Mbah Dowo ini berada di tepian Alas Purwo. Konon Makam Mbah Dowo yang terukur sepanjang kurang lebih 7 meter ini merupakan makam dari tombak pusaka. Tombak pusaka ini merupakan kepunyaan dari Empu Barada, ia menitipkannya pada Suryo Bojonegoro agar bisa diberikan ke Raja Klungkung. Pusaka tersebut akan digunakan untuk melawan seorang janda yang memiliki ilmu hitam, Calon Arang. Sayangnya Suryo Bojonegoro merupakan seorang yang tak bisa dipercaya, ia telah lebih dulu menggunakan pusaka ini sebelum sampai kepada Sang Raja. Namun apa yang terjadi, tombak pusaka tersebut tak bisa digunakan, tombak tersebut masuk ke dalam tanah dan tak bisa diambil kembali. Pada akhirnya Suryo Bojonegoro menjaga tombak pusaka tersebut hingga akhir hayatnya.

Penjaga makam Mbah Dowo ini berpakaian seperti prajurit senopati, tetapi ia bukanlah Suryo Bojonegoro. Dan tahukah anda konon tombak pusaka ini mengeluarkan kekuatan yang sangat besar sehingga terdapat energi positif yang tersebar di sekitar makam. Karena energi itulah Makam Mbah Dowo ini dijaga oleh para prajurit. Adapun energi yang berada di luar makam ini, energi tersebut merupakan energi yang negatif.

Inilah sekilas tentang cerita dari misteri Alas Purwo Banyuwangi. Apabila anda berkunjung ke Taman Nasional yang satu ini, maka anda akan menemukan suasana sejuk yang bukan main. Sekian informasi yang bisa kami sajikan, terima kasih atas kunjungannya dan terus ikuti postingan kami selanjutnya.

Incoming search terms:

  • kecelakaan di alas dowo
Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Mitos Angker | Aryanti Dewi Safitri | 4.5