Tempat Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Bersejarah Indonesia

Tempat Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Bersejarah Indonesia – Banyaknya tempat modern dan canggih di Kota Jakarta bukan berarti kota ini harus meninggalkan sejarah lama atau tradisi lama sebagai ujung tombak berkembangnya kota ini. Jakarta tetap memiliki tempat bersejarah yang sampai saat ini dijadikan sebagai tempat wisata dan juga warisan  budaya. Salah satunya adalah kota tua yang ada di Jakarta yan semakin lama semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagi luar kota maupun luar negeri. Nah, ingin tahu rasa serunya wisata kota tua jakarta? Berikut pemaparannya.

Asal Mula Kota Tua Jakarta

Pada zaman dahulu kota tua ini merupakan kawasan utama dan penting bagi penjajah. Dimana semuag pusat kegiatan pemerintah dan juga perekonomian terpusat di kota tua ini. Kawasan kota tua sendiri meliputi kawasan Jakarta Barat dan Utara, yang bermulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa sampai Museum Bank Indonesia.

Pada zaman dahulu, Pelabuhan Sunda Kelapa adalah sebuah pelabuhan yang terbesar di Indonesia dimana meruakan central kegitan perdagangan nasional maupun internasional. Fungsi dari museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia pada saat itu berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan kolonial Belanda.

Seiring dengan berjalannya waktu kota tua ini aakhirnya difungsikan sebagai tempat wisata kota tua Jakarta, dimana ketika Anda mengunjungi tempat ini akan menambah pengetahuan tentang peninggalan sejarah sejak dahulu kala.

Tempat Wisata Kota Tua Jakarta

Tentunya Anda akan bertanya-tanya, temapt wisata apakah yang perlu Anda kunjungi? Seberapakah menarikah tempat tersebut, dan berikut tempat wisata kota tua yang tentunya perlu Anda kunjungi, seperti :

  • Museum Fatahillah

Ada yang mengenalnya sebagi Museum Sejarah Jakarta dan ada yang menyebutnya sebagai Museum Batavia. Dan keduanya adalah benar karena julukan diatas merupakan sebutan lain untuk nama tempat Museum Fatahillah.

Museum ini memiliki 3 lantai dimaan di setiap lantainya terdapat sebuah benda-benda peninggalan sejarah yang memiliki nilai tinggi dan cerita sejarah yang sangat berarti. Di dalam mseum ini terdapat senjata, ruangan, penjara, keramik, prasasti, meriam, serta furnitur peninggalan zaman dahulu. Total benda sejarah yang ada di museum ini kurang lebih mencapai 25.000 benda sejarah.

museum fatahillah

Museum ini sendiri beroperasi mulai hari selasa-minggu dari pukul 9 pagi- 3 sore. Anda hanya cukup membayar Rp 2.000 /orang untuk masuk ke museum ini. Pada zaman penjajahan sendiri museum ini difungsikan sebagai tempat pengadilan dan balai kota terbukti dengan museum ini memiliki sebuah penjara yang ada di bawah tanah.

  • Museum Bank Indonesia

Tempat wisata selanjutnya yang ada di kota tua Jakarta adalah Museum Bank Indonesia. Museum ini pada zaman penjajahan berfungsi sebagai Binnen Hospital. Namun pada tahun 1828 tempat ini berubah menjadi De Javasche Bank kemudian seiring berjalannya waktu beralih fungsi menjadi sebuah bank.

Bagi Anda pecinta Fotografi, di museum ini memiliki banyak sekali spot terbaik untuk kegiatan fotografi. Sehingga tempat ini menjadi tempat favorit dan menarik bagi para wisatawan dalam neegri maupun luar negeri.

MBI

Jika Anda berniat untuk datang ke tempat ini, datanglah pada hari Selasa sampai Kamis mulai pukul 08.00- 14.30, Hari Jumat pukul 08.00-11.00, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 – 16.00. Kabar gembirnya adalah Anda tidak akan dikenakan biaya saat mengunjungi museum Bank Indonesia tersebut.

  • Toko Merah

Tempat selanjutnya yang perlu Anda kunjungi di kota tua adalah Toko Merah yang pada zaman Belanda di bangun oleh seorang gubernur jendral yang bernama Baron Van Imhoff. Di toko merah ini Anda akan merasakan suasana zaman penjajahan yang masih kental dirasakan karena masih banyaknya perabotan zaman kolonial Belanda yang tersimpan serta terjaga keasliannya.

toko merah

Untuk masuk tempat sejarah ini perlu izin khusus dari pihak berwajib karena memang tidak dibuka untuk umum. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena disekitaran tempat tersebut terdapat tempat yang bagut untuk berfoto ria bersama keluarga atau kerabat dengan latar belakang bangunan tempo dulu.

  • Pelabuhan Sunda Kelapa

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Pelabuahn Sunda Kelapa ini pernah berjaya saat dahulu ketika menjadi pusat pelabuhan nasional dan internasional. Saat ini pelabuhan tersebut diadikan sebagai tempat wisata yang menarik bagai para wisatawan.

Di pelabuhan Sunda Kelapa zaman modern ini Anda akan melihat kapal-kapal besar yang parkir di pelabuhan ini. Selain itu di sekitar pelabuhan Anda akana menemukan sebah tempat rumah makan laut yang berjajar sepanjan pelabuhan sambil ditemani senja sore yang begitu cantik untuk dilihat.

pelabuhan sunda kelapa 1

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menjelajah wisata kota tua Jakarta. Ajak keluarga, sahabat, atau kerabat Anda untuk mengunjugi tempat ini agar liburan Anda semakin menyenangkan .

Tempat Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Bersejarah Indonesia | Sundus Afifah | 4.5