Tempat Wisata di Provinsi Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Provinsi Jambi yang Wajib Dikunjungi – Kota Jambi merupakan bagian dari Pulau Sumatera yang banyak memiliki tempat wisata. Di kota ini anda kaan menemui kompleks candi yang besar, yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya di masa silam. Bila anda mendapat kesempatan untuk berlibur ke Jambi, maka ada baiknya bila anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan kami ulas di bawah ini. Seperti apa objek wisatanya? Berikut ulasannya.

  1. Danau Sipin

Danau yang satu ini terletak di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telenaipura. Danau ini juga tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata saja, tetapi juga sebagai tempat pembudidayaan ikan air tawar seperti ikan nila dan muajir. Anda bisa mengelilingi danau ini dengan menyewa sebuah perahu yang berkapasitas 3-4 orang dengan biaya sebesar Rp. 5.000,-.

Danau Sipin

Tempat Wisata di Provinsi Jambi

  1. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo merupakan sebuah taman yang kaya akan aneka ragam kuliner. Di sini anda akan menikmati indahnya pemandangan Sungai Terpanjang di Sumatera, yakni Sungai Batanghari. Objek wisata ini lebih sering dikunjungi pada sore dan malam hari.

Tanggo Rajo

  1. Monas Jambi

Monas Jambi ini memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Monas yang berada di Kota Jakarta. Banyak wisata yang berkunjung kemari untuk melihat kemiripan dari keduanya. Perbedaan yang mencolok, Monas Jambi ini memiliki empat buah jam dinding yang terletak di setiap sisi bangunannya serta empat bentuk ukiran yang terdapat di bawah bangunan.

Monas Jambi

  1. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman ini memiliki konsep yang hampir serupa dengan taman yang berada di Jakarta. Objek wisata ini bisa digunakan untuk berekreasi, sebagai tempat olahraga dan juga wisata untuk mengenal budaya Jambi.

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

  1. Kolam Renang Tepian Rajo

Objek wisata yang satu ini terletak 6 km dari Kota Jambi, berukuran 20 x 50 meter persegi yang sudah diakui secara internasional. Kolam ini tersedia untuk anak-anak dan dewasa, selain itu kolam ini juga sebagai tempat untuk latihan dan pertandingan polo air.

Kolam Renang Tepian Rajo

  1. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman ini tepat berada di depan Kantor Gubernur Jambi. Selain memanjakan mata, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana merawat anggrek dengan baik dan benar sesuai dengan jenisnya. Taman Anggrek ini memiliki lebih dari 60 jenis anggrek dengan lahan seluas 2.5 hektar. Anda akan dikenai biaya masuk Rp. 2.000,- untuk dewasa dan Rp. 1.500,- untuk anak-anak.

Taman Anggrek Sri Soedewi

  1. Candi Muaro Jambi

Candi ini merupakan candi terluas yang berada di Indonesia. Candi ini juga diakui sebagai warisan dunia pada tahun 2009 oleh UNESCO. Awalnya candi ini dikelola pada tahun 1975 setelah sebelumnya ditemukan oleh seorang Letnan yang berkebangsaan Inggris. Saat ini ada sekitar 61 candi yang mayoritas tertutup tanah.

Candi Muaro Jambi

  1. Museum Negeri Jambi

Museum ini menginformasikan tentang sejumlah budaya dan sejarah. Dengan bangunan yang menyerupai rumah adat Jambi, museum ini memiliki banyak koleksi benda yang sarat akan nilai budaya dan sejarah. Beberapa koleksi tersebut di antaranya adalah peralatan berburu, batik tenun, dan beberapa binatang yang sengaja diawetkan.

Museum Negeri Jambi

  1. Masjid Agung Al Falah

Masjid ini dibuat dengan bangunan yang unik dan memiliki banyak tiang pada tahun 1971-1980. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid seribu tiang. Sirkulasi udara dan cahaya yang berada di masjid ini begitu terasa baik karena masjid ini tidak disertai oleh dinding pemisah. Meski dijuluki sebagai masjid seribu tiang, sebenarnya masjid ini hanya memiliki 256 buah tiang. Adapun jama’ah yang bisa beribadah di masjid ini bisa mencapai 10.000 jama’ah.

Masjid Agung Al Falah

  1. Pasar Keramik Sitimang

Pasar ini bisa dibilang sebagai pusat penjualan keramik yang didirikan pada tahun 1980-an. Pasar ini terletak di Jalan Sisingamangaraja. Beragam bentuk keramik bisa anda dapatkan di sini seperti guci, toples, ornamen rumah dan sebagainya. Berbagai produknya mayoritas dikirm langsung dari China sehingga motifnya sangat sulit ditemui di tempat lain.

Pasar Keramik Sitimang

Demikian beberapa objek wisata di Jambi yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan ikuti terus informasi menarik selanjutnya, ya.

Tempat Wisata di Provinsi Jambi yang Wajib Dikunjungi | Aryanti Dewi Safitri | 4.5