Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogykarta, Warisan Budaya

 Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogykarta, Warisan Budaya – Di Yogyakarata terdapat sebuah Candi yang bernama Candi Ratu Boko Yogyakarta. Candi ini merupakan sebuah bangunan yang sudah runtuh dan menyerupai seperti candi. Candi ini ada saat Hindu sedan berjaya di Indonesia khususunya Pulau Jawa. Nah, ingin tahu info selengkapanya mengenai Candi Ratu Boko Ini? Mari kita sima bersama ulasannya di bawah ini.

Asal Mula Nama Candi Ratu Boko

Disematkan nama Ratu Boko karena diyakini bahwa rerentuhan bangunan tersebut merupakan sebuah kerataon atau istana yang dibangun oleh seorang Raja Mataram bernama Ratu Boko. Sosok Ratu Boko sendiri adalah ayah dari Roro Jonggrang yang merupakan seorang legenda dari cerita stemapat yang berjudul sama.

candi boko 1

Candi Ratu Boko Yogykarta

Lokasi Candi Ratu Boko

Candi yang terletak di Yoyakarta ini berada di sebuah desa yang bernama Dawung dan desa Sambireja tepatnya berada di sebelah timur Kota Yogyakarta dengan memiliki jarak 19 kilometer dekat dengan Candi Prambanan. Selain dekta dengan Candi Prambananan, candi ini berdekatan dengan candi peninggalan Hindu lainnya seperti Candi Sambisari, Plaosan, Sewu, dan juga Kalasan. Dari peninggalan candi Hindu yang ada bisa dipastikan bahawsannya candi Ratu Boko ini merupakan candi terbesar pada dinasti sanjaya kerjaan Mataram Hindu.

candi boko 2

Fungsi Dibangunnya Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko itu diyakini oleh para sejarah merupakan sebuah tempat istaan kerajaan Mataram kuno. Walaupun belum ada bukti yang akurat tentang fungsi dibangunnay istana ratu boko tersebut, para ahli sejarah menyimpulakn bahawa istaan ini merupakan pusat pemerintahan dar kerjaan Mataram Kuno karena okasinya berada di puncak bukit.

Keindahan Arsitektur Candi Ratu Boko

Walaupun candi ini tidak memiliki sebuah banguna yang utuh karena berupa reruntuhan bangunan, di setiap bangunannya terselip keindahan arsitektur yang akan membuat kita takjub melihatnya. Seperti pada:

candi boko 3

  • Gerbang Utama Candi Ratu Boko

Jika Anda berkunjung ke candi ini, Anda akan menemukan sebuah gerbang masuk candi boko yang berada di sebelah barat candi. Dengan terdiri dari 2 gerbang, yaitu gerbang dalam berukuran besar dan gerbang luar berukuran kecil. Candi ini memiliki sebua gapura utama yan terdiri dari 5 gapura paduraksa dan gapura luar yang terdiri dari 3 gapura paduraksa berjajar. Yang unik pada gapura utama terdapat sebuah tulisan Panabwara yaitu seseorang yang pernah menguasai istana tersebut dengan memiliki nama lengkap rakai Panabwara.

  • Batu Putih atau Candi Batu Kapur

Candi batu kapur ini berada di lokasi sebelah timur laut yang berupa sebuah pondasi yang dibuatnya dari batu kapur. Bagian atas candi ini sudah hilang diduga terbuat dari kayu yang sangat mudah untuk hancur.

  • Candi Pembakaran

Candi ini merupakan sebuah reruntuhan dari sebuah bangunan yang berundak. Dengan memiliki tinggi 3 meter dan mempunyai 2 teras. Bentuk teras tersebut ada;ah [ersegi dengan terdapat sebuah lubang berukuran 4×4 meter yang berfungsi sebagai tempat pembakaran mayat. Dan di candi ini terdapat sebuha sumur dengan memiliki air yang sangat suci.

  • Paseban

Paseban ini berada di wilayah selatan tepatnya sekitar 45 m dari gapura. Paseban merupakan rerentuhan bangunan berupa teras dengan memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 7 meter, dan panjang 38 meter. Paseban sendiri memiliki sebuah  arti yaitu tempat menghadap raja.

  • Pendapa

Masih merupakan bagian reruntuhan dari candi ratu boko yang berada di bagian selatan. Bentuk pendapa ini adalah bangunana yang menyerupai dinding dengan tinggi 3 meter yang terbuat dari batu andesit. Pendapa ini dijadikan sebagai ruang tamu.

  • Keputren

Keputren memiliki tinggi bangunan setinggi 2 meter dan luas 8 meter x 31 meter. Di dalam bangunan ini terdapat kolam yang berjumlah 2 buah berbentuk persegi dan 1 buah kolam besar yang membentuk bujur sangkar. Fungsi dari keputren ini diyakini sebagi tempat mandi raja dan juga permaisuri.

  • Gua

Gua ini memiliki 2 buah bangunan berupa lubang membentuk persegi yang terbuat dari batu. Bangunan pertama bernama Gua Lanang atau biasa disebut dengan gua laki-laki dengan memiliki ukuran tinggi 1,3 meter, lebar 3,7 meter, dan kedalaman 2,9 meter, gua ini berada di bagian timur Paseban . Dan gua selanjutnya bernama Gua Wadon atau Gua puteri memiliki kedlaaman 1,7 meter, tinggi 1,3 meter, dan lebar 3 meter. Sedangkan gua wadon berada di sebelah tenggara Paseban.

candi boko 4

Bagaimana, Anda siap untuk menejelajah Candi Ratu Boko Yogyakarta? Semoga informasi bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari wisata yang berbeda dan unik di Yogyakarta.

Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogykarta, Warisan Budaya | Sundus Afifah | 4.5