Tempat Wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Tempat Wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul – Siapa sangka di Daerah Gunungkidul , Yogyakarta terdapat suatu keindahan alam yang dijadikan sebagai tempat wisata yang mirip dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Tempat tersebut bernama Air tejun Sri Gethuk,tempat ini merupakan suatu fenomena alam yang unik karena baik musim panas atau hujan air terjun yang mengalir ke sungai disekitarnya tetap mengalir dengan deras. Lalu, keindahan apa lagi yang bia kita temukan di tempat wisata Air terjun Gethuk Gunung Kidul? Berikut ulasannya.

Asal Mula Nama Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Menurut cerita dan kepercayaan masyarakat setempat, air tejun tersebut pada zaman dahulu dipakai untuk menyimpan kethuk. Apa itu kethuk? Kethuk merupakan salah satu alat instrumen gamelan milik seorang leluhur setempat yang bernama Jin Anggo Meduro. Karena itulah dinamakan Air Terjun Sri Gethuk. Masyakarat setempat juga percaya pada saat waktu-waktu tertentu sering terdengar suara gamelan yang berasala dari air terjun tersebut.

air tejun gethuk

Akses Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Untuk menuju air tejun sri gethuk terlebih dahulu Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan melewati sebuah area hutan kayu putih milik Perhutani. Kondisi jalan yang dilalaui sangatlah beragam mulai dari melewati jalan yang bagus dan teraspal, berlubang, dan juga terjal. Kondisi perjalan tersebutlah yang menemani Anda untuk menuju tempat air tejun yang indah ini.

Setelah itu Anda akan melewati sebuah Dusun Menggoran, yang dipenuhi dengan pohon jati yang begitu lebat, padat, dan rapat. Keluar dari are pohon jati ini Anda akan memasuki area pemancingan yang dijadikan juga sebagai tempat parkir lokai wisata air tejun. Perjalanan pun masih berlanjut dengan dua pilihan yang harus Anda tempuh menuju air tejun sri gethuk.

Pilihan pertama Anda bisa menyusurisebiha jalan setapak dengan pemdnagan alam disekitarnya yang dipenuhi pohon kelapa dan juga sawah hijau yang terbentang dengan indah. Atau pilihan kedua, Anda bisa menggunakan rakit yang sangat sederhana yang terbuat dari papan dan drum bekas menelusuri derasnya sungai Oya.

air tejun gethuk 2

Kondisi Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Jika Anda memilih menelusuri sungai Oya, sebaiknya menulusuri sungai tersbut sebelum matahari terbit. Karena di pagi hari air sungai Oya masih tenang dan terlihat hijau. Ditambah dengan keindahan tebing-tebing karst yangberdiri denan gagahnya menyambut para wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Hanya perlu waktu beebrapa menit kita harus menelusuri sungai tersebut, dari kejauhan terdengar suara gemercik air yang mengalir dengan merdunya. Tanda bahwa Anda sudah sampai di air tejun gethuk gunung kidul. Saat Anda sampai di lokasi bermainlah air sepuasnya, kondisi airnya sendiri sangatlah dingin dan tentunya bersih. Jika beruntung Anda kaan melihat pelangi yang mebgitari air tejun tersebut. Surga dunia pun bisa Anda lihat dan raskaan di tempat yang indah ini.

Semoga informasi mengenai jelajah tempat wisata air terjun gethuk gunung kidul ini bermanfaat untuk Anda yang ingin merasakan suasana liburan berbeda di Gunung kidul. Selamat bepetualang!

Tempat Wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul | Sundus Afifah | 4.5