Obyek Wisata Raja Ampat Papua yang Mendunia

Obyek wisata Raja Ampat Papua – memang sudah terbukti mampu memukau wisatawan, baik lokal maupun asing. Bahkan, tempat wisata di Ujung Timur Indonesia ini menjadi destinasi wisata bahari terbaik dikalangan pewisata dunia. Tidak heran jika hingga saat ini, wisatawan berlomba untuk mengunjungi tempat tersebut.

Kepulauan Raja Ampat

obyek-wisata-raja-ampat-papua

Raja Ampat merupakan nama kepulauan yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia. Kepulauan ini terdiri atas 4 gugusan pulau yang menjulang tinggi, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Misool.

Menurut mitos yang beredar, nama Raja Ampat ini di ambil dari cerita seorang wanita yang menemukan 7 telur di kedalaman hutan Papua. 4 dari 7 telur tersebut kemudian menetas dan berkembang menjadi 4 pangeran yang masing-masing menjadi raja di 4 gugusan pulau di wilayah tersebut. 3 telur lainnya tidak menetas dan berubah menjadi beberapa bentuk, seperti hantu, wanita, dan juga batu.

wisata-raja-ampat-papua

Meskipun menjadi obyek wisata terkenal hingga dunia, Kepulauan Raja Ampat masih dihuni oleh masyarakat asli Papua yang tinggal diperkampungan kecil. Letak setiap rumah masyarakat sekitar sangat berjauhan. Bahkan jaraknya bisa sampai berada di pulau yang berbeda.

Masyarakat Raja Ampat memiliki tradisi bernama para-para pinang, yang berarti mengobrol sambil mengonsumsi buah pinang, yang tentunya dapat mengakrabkan setiap warga. Karena letaknya berada di kawasan perairan, mayoritas penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan.

Keindahan Pulau Raja Ampat

keindahan-pulau-raja-ampat

Obyek wisata Raja Ampat Papua memiliki pantai yang berpasir putih yang menawan. Keindahan wisata bawah laut juga menjadi alasan banyak penyelam berkunjung ke pulau di bagian kepala burung Papua tersebut. Selain keindahan biota laut yang mengagumkan, Raja Ampat juga mempunyai flora dan fauna endemik yang cantik, seperti Burung Cenderawasih Merah, Cenderawasih Wilson, Maleo Waigeo, Kuskus Waigeo, aneka burung kakatua, dan ribuan jenis anggrek yang mempesona.

Wisata bahari di Kepulauan Raja Ampat juga sangat mengagumkan. Bahkan, wisata bahari di sekitar Raja Ampat termasuk kedalam 10 perairan terbaik dunia, khususnya untuk kegiatan Diving. Tidak hanya itu, biota laut yang hidup di sekitar perairan ini juga diakui sebagai biota laut terlengkap di dunia. Hampir 75% jenis terumbu karang di dunia ada di Raja Ampat. Ada lebih dari 540 kelompok karang keras, 700 ragam moluska, dan 1.000 spesies ikan karang ada di wilayah perairan Pulau Raja Ampat.

keanekaragaman-hayati-raja-ampat

Keanekaragaman hayati yang ada di kepulauan bagian timur Indonesia ini dilestarikan oleh 2 lembaga internasional yang secara khusus melakukan kegiatan konvervasi, yaitu CI (Conversation International) dan TNC (The Nature Convervancy). Dari pemerintah Indonesia sendiri, perairan di sekitar Waigeo Selatan dijadikan sebagai Suaka Margasatwa Laut yang luasnya mencapai 60.000 hektar.

Masih penasaran dengan keindahan obyek wisata Raja Ampat Papua? Kunjungi sekarang juga.

Obyek Wisata Raja Ampat Papua yang Mendunia | Yanti Adriyanti | 4.5