Obyek Wisata Gunung Bromo yang Wajib di Kunjungi

Obyek Wisata Gunung Bromo yang Wajib di Kunjungi Gunung Bromo dikenal sebagai obyek wisata utama yang berada di Provinsi Jawa Timur. Status Gunung Bromo yang masih aktif menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan yang datang berkunjung. Banyak obyek wisata Gunung Bromo yang fenomenal. Keberadaannya pada ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut mampu mengundang banyak orang untuk berkunjung ke gunung merapi tersebut.

Wisata Di Gunung Bromo

obyek-wisata-gunung-bromo

Gunung Bromo termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawasan yang terkenal sebagai obyek wisata di Malang ini menampilkan keindahan gunung yang memiliki karakteristik unik dan cantik. Keunikan dari gunung ini adalah bagian antara lembah, ngarai dan kalderanya saling bertautan. Kaldera sendiri merupakan lautan pasir yang terbentang dilahan seluas 10 kilometer persegi.

Lautan pasir ini merupakan obyek wisata andalan dari Gunung Bromo. Di alam yang sejuk khas pegunungan, pemandangan padang pasir dan rerumputan yang luas menjadi keindahan yang tersendiri di wilayah gunung kabupaten Malang tersebut. Lokasi hamparan pasir juga berada dipunggung Gunung Bromo disebelah utara, sehingga memungkinkan pengunjung yang datang dari Kota Malang dapat menikmati keindahannya dengan jarak cukup dekat.

Obyek Wisata Gunung Bromo

matahari-terbit-di-bromo

Yang banyak ditunggu wisatawan ketika berada di lautan pasir gunung merapi adalah pemandangan alam ketika matahari terbit dan terbenam. Sightview matahari ini menampilkan lukisan alam yang jelas dengan semburat cahaya matahari yang nampak diujung gunung. Menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang bisa menyaksikan hal tersebut secara langsung dan lengkap.

Obyek wisata Gunung Bromo lain yang juga menarik untuk dilihat adalah upacara adat yang diselenggarakan oleh penduduk setempat. Masyarakat sekitar gunung, yaitu Suku Tengger menyakini bahwa Bromo merupakan gunung suci yang harus dijaga kelestariannya. Setiap tahunnya, secara rutin masyarakat setempat mengadakan upacara adat yang disebut upacara Yadnya Kasada atau Kasodo.

wisata-di-gunung-bromo

Sebagai obyek suci, upacara rutin diadakan di sebuah pura yang letaknya di bawah kaki gunung kemudian akan dilanjutkan ke puncak Bromo. Waktu penyelenggaraan upacara rutin masyarakat Suku Tengger ini biasanya dilaksanakan pada setiap bulan purnama, sekitar tanggal 14 dan 15 dibulan Kasodo atau bulan kesepuluh. Upacara akan dimulai pada tengah malam atau ketika bulan purnama nampak sempurna.

gunung-bromo

Jika beruntung, wisatawan yang datang pada waktu-waktu tersebut akan melihat secara langsung bagaimana budaya dan adat istiadat yang berlaku di sekitar wilayah Gunung Bromo. Pengunjung juga bisa ikut serta melakukan upacara adat tersebut dengan mengikuti tata cara dan tatakrama yang berlaku dala masyarakat setempat.

Demikian pembahasan mengenai wisata Gunung Bromo yang dapat disampaikan. Untuk membuktikan keindahan dan daya tarik wisata gunung merapi ini, Anda bisa segera mengunjunginya.

Obyek Wisata Gunung Bromo yang Wajib di Kunjungi | Yanti Adriyanti | 4.5