Inilah 8 Tempat Wisata di Kota Banjarmasin

Tempat Wisata di Kota Banjarmasin – Banjarmasin umumnya dikenal dengan Kota Seribu Sungai di mana pasar terapung yang menjadi ikonnya. Pasar inilah yang hingga saat ini menjadi daya tarik masyarakat untuk mengunjungi kota ini. Selain pasar terapung yang menjadi daya tarik, beberapa objek wisata di bawah ini juga ikut menarik wisatawan untuk berkunjung kemari. Berikut ulasannya:

  1. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid ini merupakan masjid terbesar yang berada di Kota Banjarmasin. Masjid ini juga difungsikan sebagai kantor MUI Kalimantan Selatan. Nama masjid ini berasal dari salah satu nama ulama besar di Kalimantan Selatan, yakni Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Kapasitas yang dimiliki oleh masjid ini sebesar 15.000 orang.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Tempat Wisata di Kota Banjarmasin

  1. Taman Siring Sungai Martapura

Letaknya berseberangan dengan Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang berbatasan dengan Sungai Martapura. Semakin sore lokasi ini menjadi tempat yang semakin ramai karena banyak orang yang bermain di sini sembari menikmati makanan khas Banjarmasin.

  1. Pasar Terapung Kuin

Pasar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pasar ini berada di Sungai Kuin yang merupakan bagian dari Sungai barito. Dengan menyewa perahu kelotok, anda bisa sampai ke lokasi ini. Sayangnya seiring dengan berkembangnya zaman, pasar ini semakin sepi dari pengunjung.

Pasar Terapung Kuin

  1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar ini hampir serupa dengan pasar terapung kuin. Pasar ini dimulai pukul 05.00 sampai 09.00 WITA. Sistem barter masih berlaku di pasar ini, di sini anda bisa membeli beraneka ragam kebutuhan seperti sayur mayur, buah dan sebagainya.

  1. Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

Lokasi ini berada di Kota Martapura yang merupakan pusat perbelanjaan intan berlian. Di sini anda bisa membeli intan berlian dan sejumlah oleh-oleh makanan khas Banjarmasin.

Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

  1. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini memiliki umue paling tua di Kota ini yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Suriansyah, Raja pertama di Banjarmasin. Letaknya berada di tepi Sungai Kuin dan searah dengan Pasar Terapung Kuin.

  1. Desa Pumpung

Desa ini merupakan lokasi dari penambangan intan yang masih menggunakan peralatan konvensional. Di sini anda bisa melihat langsung bagaimana cara menambang intan. Letaknya berada di Kabupaten Martapura.

  1. Jembatan Barito

Jembatan Barito

Bila anda ingin berkunjung ke jembatan ini, lebih baik pada waktu siang hari. Semakin sore angkuta umum yang beroperasi di daerah ini semakin sedikit bahkan hampir tidak ada. Jembatan sepanjang 1 km ini berfungsi untuk menghubungkan bagian barat dan timur Sungai Barito. Sayangnya penerangan di lokasi ini belum begitu memadai.

Inilah 8 Tempat Wisata di Kota Banjarmasin | Aryanti Dewi Safitri | 4.5