8 Tempat Wisata di Cirebon Paling Asik

8 Tempat Wisata di Cirebon Paling Asik – Kota Cirebon berdiri pada tanggal 2 April 1482 dan termasuk kedalam salah satu kota tertua di Pulau jawa. Karena masuk dalam kota tertua, tempat wisata di Cirebon memiliki nilai sejarah yang tinggi serta nilai kebudayaan yang sanagt menarik untuk kita ketahui. Selain itu, kota yang mendapat julukan Kota Udang pernah menjadi pusat peradaban Islam di Nusantara. Mau tahu tempat wisata mana sajakah yang perlu kita kunjungi? Mari Kita simak bersama.

Tempat wisata Cirebon

  • Taman Ade Irma Suryani

Dahulu tempat wisata ini bernama Taman Traffic Garden Cirebon dan berlokasi di pingir laut Pantai Utara. Seiring dengan berkembangnya minat dan popularitas taman ini pemerintah setempat menggantinya dengan nama Taman Ade Irma Suryani.

taman ade irma

Fasilitas yang ada di tempat ini adalah kebun binatang, playground untuk anak-anak, acara hiburan musik setiap hari minggu, dan juga wisata pantai. Karena semakin hari semakin dipadati wisatawan pihak pengelola membuat sebuah tempat penginapan untukk para wisatawan yang kan merasakan taman ini ini di malam hari.  Oleh sebab itulah taman ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan lokal maupun luar kota.

  • Tempat Kerajinan Batik Trusmi

Tempat kerajinan Batik ini berada di Desa trusmi Plered. Tempat ini merupakan sebuah sentra produksi batik terbaik di Cirebon. Nam Trusmi diambil dari nama seorang yang berpengaruh di Cirebon dan juga murid dari Sunan Gunung Jati yaitu bernama Ki Gede Trusmi yang dikenal sebagai seseorang yang mengajarkan agama islam kepada penduduk setempat dan diajarkan pula keterampilan membatik.

trusmi

Produksi batik trusmi sendiri terdiri dari batik cap, batik tulis, dan juga kombinasi diantara keduanya. Sedangakan motif batik yang dibuat di tempat ini adalah motif Paksinaga Liman, Patran Keris, Mega Mendung, Singa Payung, Patran Kangkung, Banjar Balong, Ayam Alas, serta motif batik pesisir dan batik keraton yang merupakan perpaduan antara Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman

  • Tempat Wisata Siwalk

Tempat wisata Siwalk ini merupakan tmpat wisata yang memiliki lahan seluas 175 hektar. Dengan memiliki fasilitas tempat outbound terlengkap, lapangan golf, permainan anak, kolam renang, pemancingan, zona petualangan, dan juga speed boat.

siwalk

Tempat ini juga dikelilingi sawah dan perbukitan yang terhampar sangat indah. Cocok untuk Anda dan keluarga yang berwisata alam dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk menjangakau tempat ini Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu yang terletak di Desa seta Patok, Kecamatan Mundu.

  • Keraton Kanoman

Keraton ini merupakan museum tempat menyimpan benda bersejarah seperti Kereta Jempana dan Kereta Perang Paksi Naga Liman. Kereta tersbut meruaakn perpaduan antara kebudayaan China dan Hindu dan dipercaya kereta ini merupakan simbol paksi, burung atau buroq yang mewakili kebudayaan Islam.

Keraton ini dibangun oleh seorang Pangeran yang bernama Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya yang memiliki gelar Sultan Anom I pada tahun 1588. Dalam perjalanan kesultanan Cirebon awalnya keraton Kanoman ini merupakan pusat peradaban kesultanan kemudian terpecah dan timbulah beberapa keratonan yang bernama keraton Kanoman, Kasepuhan, Kacirebonan , dan Keprabon.

keraton kanoman

 

  • Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Jika Anda mengujungi tempat wisata Keraton kasepuhan, di dalam kompleks tersebut terdapat sebiah Masjid tua yang diberi nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Mesjid yang sebelumnya bernama Pakungwati ini dibangun oleh para wali pada mas Sunan Gunnung Jati yang saat itu menjabat sebagai sultan yang pertama di Cirebon.

cipta rasa

Yang unik dari mesjid ini adalah memiliki pintu masuk ke dalam banguanan utamanya dibuat kecil sehingga bagi siapapun yang akan masuk harus membungkuk terlebih dahulu dengan memiliki sebiah filosofi memberikan penghirmatan untuk masuk ke rumah Allah.

  • Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata ini adalah sebuah tempat pemandian air panas yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota. Kandungan air yang ada tempat ini dipercaya memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk tubuh karena mengandung belerang yang cukup tinggi.

Selain terdapat air panas, tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Untuk mnjangaku tempat ini Anda harus melewati sebuah panrik semen, yatu PT Indocement Tunggal Prakarsa. Dimana saat Anda akan masuk ke kawasan pemandian air panas, harus melewati pos penjagaan yang ada di sebuah pabrik.

banyu panas

  • Taman Sari Gua Sunyaragi

Salah satu tempat wisata dengan memiliki nilai sejarah yang tinggi yaitu Taman Sari Gua Sunyaragi yang dibangun pada tahun 1703 oleh pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon. Di tempat wisata ini Anda akan menemukan 18 bangunan kuno perpaduan antara China dan Indonesia klasok.

Dahulu tempat ini dipakai keluarga Kesultanan Cirebon untuk menyepi, bertapa, dan juga beristirahat. Karena itulah dikaan sebagai Sunyaragi yang berarti secara bahasa adalah Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga atau secara harfiahnya dikatakan sebagai tempt untuk menyepi.

taman gua

  • Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan ini merupakan keraton paling terawat dan juga megah di Cirebon. Dibangun pada tahun 1529 oleh seorang Pangeran yang bernama Mas Mochmamad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Didalam keraton ini terdapat museum lukisan koleksi kerjaan dan juga lukisan koleksi kerjaan.

keraton kasepuhan

Keraton ini memiliki banguan tua yang memiliki nilai sejarah tinggi. Saat mengunjunginya Anda akan terbawa ke masa lampau dengan melihat kerarotn yang begitu indah dikelilingi pohon-pohon yang rindang serta udara yang cukup bersahabat.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata di Cirebon, jangan lupa untuk mengunjungi 8 tempat wisata terbaik diatas. Untuk biayanya sendiri sangatlah terjangkau. Cukup emmabayr Rp 3.000- 30.000/ tempat Anda sudah bisa merasakan asyiknya berlibur di Kota udang ini.

Incoming search terms:

  • taman ade irma cirebon
  • wisata kebun buah di cirebon
8 Tempat Wisata di Cirebon Paling Asik | Sundus Afifah | 4.5