7 Obyek Wisata di Aceh Terbaik dan Terkenal Banyak Dikunjungi

7 Obyek Wisata di Aceh Terbaik dan Terkenal Banyak Dikunjungi – Nangroe Aceh Darussalam atau yang sekarang dikenal dengan provinsi Aceh merupakan wilayah yang berada paling Barat di Indonesia. Aceh ini memiliki banyak keutamaan salah satunya memiliki otonomi daerah yang diatur sendiri oleh wilayahnya. Aceh juga pernah menjadi provinsi yang terkena bencana banjir Tsunai yang begitu dahsyat pada tahun 2004. Pasca Tsunami nama Aceh semakin dikenal oleh wisatawan Mancanegara dan Domestik, mereka ingin tahu lebih lengkap mengenai provinsi ini. Termasuk obyek wisata di Aceh yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain.

Obyek Wisata Aceh

  • Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid Raya Baiturrahman merupakan mesjid yang menjadi ikon Aceh. Letak mesjid ini berada di kota Aceh yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Saat tsunami datang, mesjid ini merupakan salah satu mesjid yang mengalami kerusakan sangat sedikit dan dijadikan para warga Aceh sebagi tempat pengungsian.

mesjid raya baiturahman

Tempat Wisata di Aceh

Mesjid ini dikenal sebagai replika dari Taj Mahal yang ada di India karena terdapat kolam besar serta pancuran air pada bagian depan Mesjid. Sedari dulu bangunan utama Mesjid berwarna dengan memiliki kubah hitam yang sangat besar dan disekelilingnya terdapat tujuh menara. Jika Anda berkunjung ke Aceh sempatkan diri untuk mengunjungi Mesjid ini dan rasakan kemegahannya.

  • Pantai Lokhnga

Pantai ini berada di sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Pantai Lokhnga dikenal dengan memiliki pasir yang landa dan sangat luas, tak heran pantai ini sering kali digunakan untuk bermain olahraga pantai, contohnya voli pantai. Selain cocok dijadikan tempat olahraga pantai, pantai dikenal cukup sejuk karena masih terdapat banyaknya pepohonan yang rindang. Kelebihan dari pantai ini adalah memiliki ombak yang sangat cocok untuk berselancar yaitu dengan ketinggian 1,5 – 2 m.

pantai lhoknga

  • Air Terjun Suhom

Obyek wisata air tejun Suhom ini berada d Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Dengan memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dibagi dua tingkat. Untuk akses ke tempat wisata ini Anda harus melewati jalan naik turun dengan ditemani pemandangan pengunungan Paro dan dan Kulu. Tidak hanya pemandangan alam sepanjang perjalanan pun Anda akan melihat bintang monyet yang berkeliaran sepanjang jalan menuju air tejun.

air terjun suhom

Demi keamanan bersama saat Anda sampai pada tempat air tejun hindarilah air tejun yang berada di lantai dua karena adanya pembangkit listrik yang memiliki tegangan tinggi.

  • Pantai Iboih

Aceh adalah Provinsi yang memiliki obyek wisata pantai yang begitu menarik dan indah. Selain pantai Lokhnga, Aceh memiliki pantai Iboih yang tak kalah cantiknya. Pantai ini juga tergolong masih sangat asri dengan memiliki pasir putih, air laut yang memiliki  warna hijau toska.

pantai iboih

Di pantai Iboih ini kita bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus berenang atau menyelam. Jika Anda ingin menyelam bersiap-siaplah untuk jatuh hati dan terpesona pada beningnya air laut dan kehidupan bawah laut yang akan membuat Anda semakin terpesona.

  • Pantai Ulee Lheue

Pantai termasuk yang sangat dekat dari kota Banda Aceh karena berjarak sekitar 3 km yang berada di Kecamatan Meuraxa. Para wisatawan yang mengunjungi pantai ini sering kali melakukan kegiatan memnacing di sekitar pantai dengan alat pancing yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

Puas dengan memancing Anda bisa berlayar menlusiri keindahan pantai dengan menyewa perahu yang berada di sekitar lokasi pantai. Tak perlu khawatir dengan urusan perut karena Anda bisa menikmati jagung bakar yang dijual di sekitar lokasi sambil duduk di pinggir pantai menikmati semilir angin dan keindahan pantai Ulee Lheue.

pantai ule

  • Museum Tsunami Aceh

Untuk mengenang dan menghormati para korban Tsunami Aceh, pada tahun 2009 pemerintah setempat bekerjasama dengan Arsitek terbaik Indonesia Ridwan Kamil membuat sebuah Mueum Tsunami.

museum tsunami aceh

Museum ini tergolong sangat unik karena saat memasuki museum Anda akan melewati lorong yang sangat panjang dibersamai dengan suara gemuruh ombak dan air yang mengalir sepanjang lorong. Design ini dibuat untuk mengingatkan serta berempati pada bencana tsunami tersebut.

Di Museum ini juga terdapat benda-benda peninggalan tsunami, foto korban, nama-nama korban, cerita dari kesaksian korban yang selamat, dan terdapat juga ala simulasi elektronik gempa bumi.

  • Danau Laut Tawar

Jika Anda bosan dengan pemandangan laut, Anda bisa mencoba mengunjngi tempat lain yang tidak kalah indah serta menarik untuk dilihat. Obyek wisata tersebut adalah danau laut tawar yang berada di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau ini emiliki luas sekitar 5.745 hektar, panjag 17 km, dan lebar 3.219 km. Saat mengujungi danau ini Anda akan merasakan sensasi yang berbeda menikmati obyek wisata di Aceh.

danau laut air tawar

Sudah siapkah Anda berlibur ke tempat obyek wisata di Aceh? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

7 Obyek Wisata di Aceh Terbaik dan Terkenal Banyak Dikunjungi | Sundus Afifah | 4.5