10 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Indah

Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Indah – Tuban adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa timur, yang memiliki banyak tempat wisata yang pantas untuk anda kunjungi. Di sini anda juga bisa menemukan beraneka ragam makanan khas yang tidak bisa anda temui di tempat lain seperti sate bekicot, bebek menthok, belut pedas dan lainnya. Tak ketinggalan, di kota ini juga terdapat minuman khas pelepas dahaga yang cocok untuk anda nikmati pada siang hari, yakni es dawet siwalan dan legen.

Bila anda berkunjung kemari, anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Tuban seperti buah siwalan, batik gedog, kecap laron, kerupuk ikan dan udang serta terasi udang. Perlu kita ketahui bersama juga bahwa batik gedong tersebut memiliki banyak ragam motif dan warna, pusatnya berada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Inilah beberapa objek wisata yang kami rekomendasikan kepada anda:

  1. Pantai Boom

Anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp. 2.500,- per orang ketika anda memasukki pantai yang satu ini. Pantai ini berlokasi di sisi utara alun-alun Kota Tuban yang berjarak 150 meter. Hal yang menarik dari pantai ini ialah ia memiliki dua sumur air tawar yang berada dalam bangunan jawa. Di dinding bangunan tersebut terdapat prasasti yang menceritakan tentang sejarah Pantai Boom.

Pantai Boom

Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur

Di pantai ini anda bisa menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga dengan bersantai, memancing ikan dan menyaksikan indahnya pemandangan alam yang dimanjakan oleh Pantai tersebut.

  1. Pantai Sowan

Apabila anda ingin berkunjung kemari, maka anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 3.000,- per orang. Pantai ini berjarak cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 40 km. Pantai ini sudah dikembangkan oleh KPH Perhutani tuban.

Pantai Sowan

Pantai ini tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah karena air pantainya saja, tetapi pantai ini juga terdapat aneka flora dan fauna serta berbagai fasilitas umum seperti area bermain, warung makan, mushola dan kamar mandi.

  1. Pantai Cemara & Wisata Mangrove

Bila dibandingkan dari pusat kota, jarak pantai ini lebih dekat daripada Pantai Sowan. Anda bisa mengunjungi lokasi ini hanya dengan jarak tempuh sejauh 8 km saja. Anda tidak akan dikenai biaya retribusi ketika masuk ke pantai ini. Anda hanya membayar uang sewa ketika menggunakan fasilitas yang ada. Objek wisata ini memiliki luas sekitar 56 hektar yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur.

Pantai Cemara & Wisata Mangrove

  1. Pantai Kelapa

Pantai yang satu ini terletak di Desa Panyuran, sehingga pantai ini juga dikenal dengan Pantai Panyuran. Anda bisa sampai ke lokasi ini dengan menempuh jarak sejauh 6 km dari pusat kota. Di sini anda bisa membeli hasil tangkapan nelayan seperti kepiting dan ikan laut.

Pantai Kelapa

  1. Goa Ngerong

Anda bisa memasukki goa ini dengan menggunakan sebuah perahu karet. Goa ini memiliki kedalaman sedalam 1.8 km dan objek lokasi ini sering dikunjungi para wisatawan terlebih saat hari minggu atau libur sekolah. Jernihnya air yang ada di dalam goa ini membuat aneka ragam ikan dan kura-kura putih bisa terlihat saat anda menelusuri goa. Pada kedalaman kurang lebih 1000 meter, anda juga bisa menikmati indahnya air terjun, menariknya lagi sebelum sampai ke air terjun tersebut anda juga bisa melihat ribuan kelelawar terbang bebas.

Goa Ngerong

Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang, di tempat ini juga terdapat beberapa pedagang yang menjajakkan makanannya. Selain itu anak-anak juga diizinkan untuk memberi makan ikan, dengan makanan seperti biji kapuk atau randu.

  1. Goa Akbar

Goa ini sering dipenuhi oleh para pengunjung, anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orang. Anda tidak perlu khawatir ketika menelusuri goa ini, karena goa ini sudah dilengkapi dengan penerangan yang cukup baik. Anda bisa melihat stalaktit dan stalagmit secara jelas, jalur yang anda lewati juga akan dilindungi oleh pagar stainless steel. Beberapa fasilitas lain juga ikut diberikan kepada anda seperti adanya mushola, kolam ikan air tawar, paseban wali dan lainnya.

Goa Akbar

  1. Air Terjun Nglirip

Air terjun ini memberikan keindihan yang sangat apik, kesejukkannya akan membuat diri anda menjadi rileks. Dengan ketinggian 30 meter dan lebar yang kurang lebih 28 meter ini, air terjun ini juga memiliki goa dengan ukuran yang cukup besar. Air yang dihasilkan ini berasal dari Hutan Krawak dengan jarak sejauh 3 km dan akhirnya akan menyatu pada sebuah bendungan.

Air Terjun Nglirip

Objek wisata ini terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Tidak sulit untuk menemukan lokasi ini karena jalannya yang sangat berdekatan dengan jalan utama.

  1. Pemandian Bektiharjo Tuban

Pemandian ini bersumber dari mata air yang alami, sehingga ketika anda bermain air di sini tubuh akan menjadi sangat segar. Pemandian ini terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang berjarak sekitar 6 km dari pusat kota.

Awalnya objek wisata ini terbagi menjadi dua kolam, yakni sendang lanang yang merupakan kolam khusus laki-laki dan sendang wadon yang merupakan kolam khusus perempuan. Kini para pengunjung baik wanita dan laki-laki bebas bisa bermain air di kolam mana saja.

Pemandian Bektiharjo Tuban

Kolam sendang wadon lebih dipakai untuk berenang, sedangkan kolan sendang lananng lebih digunakan untuk berendam. Di sini juga disediakan seluncuran untuk anak-anak.

  1. Museum Kambang Putih

Lokasi objek wisata ini berdekatan dengan Masjid Agung Tuban, anda bisa mengunjungi tempat ini di hari selasa sampai dengan minggu, mulai pukul 7 pagi hingga 2 siang. Tetapi khusus hari jumat, museum ini tutup pada jam 11 siang dan pada hari sabtu tutup pada jam 12 siang. Museum ini akan tutup pada hari libur nasional dan hari senin. Museum ini berisikan koleksi wayang, uang zaman dulu, barongsai dan sebagainya.

Museum Kambang Putih

  1. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban

Selain sebagai tempat beribadah, anda juga bisa mengunjungi masjid ini untuk melakukan wisata religi. Anda bisa melakukan ziarah ke makan Sunan Bonang yang letaknya tidak begitu jauh dari masjid. Masjid ini terletak di Jalan Bonang, Kelurahan Kutorejo. Masjid seluas 3.565 m2 yang dibangun pada abad ke 15 ini memiliki tiga lantai yang disertai dengan enam buah menara.

Incoming search terms:

  • wisata kerek
  • tempat wisata di tuban
  • wisata tuban
  • wisata kerek Tuban
  • tempat wisata tuban
  • tempat wisata di tuban jawa timur
  • wisata di tuban
  • wisata di kerek
  • tuban wisata
  • wisata di kerek tuban
10 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Indah | Aryanti Dewi Safitri | 4.5