10 Tempat Wisata di Pontianak yang Terkenal

Tempat Wisata di Pontianak yang Terkenal – Selama ini Kota Pontianak dikenal sebagai salah satu lokasi yang dilintai oleh garis khatulistiwa. Di Kota ini juga terdapat sebuah tugu yang tepat didirikan di lokasi yang diduga menjadi lintasan garis tersebut. Sungai Kapuas seakan menjadi ikon bagi Kota ini, namun tahukah anda bahwa Kota ini juga memiliki beberapa lokasi wisata yang cukup terkenal. Penasaran apa saja objek wisatanya? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Keraton Kadriah

Bila anda berkunjung kemari, tepat di halaman depan keraton ini terdapat sebuah meriam kuno bekas peninggalan Bangsa Jepang dan Portugis. Bangunan ini berada di Jalan Tritura yang di dalamnya terdapat beberapa koleksi milik Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Di sini juga terdapat kitab suci Al Qur’an yang ditulis sendiri oleh beliau.

Keraton Kadriah

Tempat Wisata di Pontianak

  1. Makam Kesultanan Batulayang

Lokasinya berada di dekat Tugu Khatulistiwa, kurang lebih berjarak 2 km. Di sini terdapat makam sultan yang berada di bagian tengah ruangan yang berbentuk lingkaran menyerupai bunker. Anda harus merunduk ketika memasukki makam ini karena pintunya memang dibuat lebih rendah agar peziarah bisa langsung memberikan penghormatan kepada Sultan.

  1. Masjid Jami Pontianak

Masjid ini memiliki atap bertingkat empat yang terdidi atas empat pilar utama. Pilar tersebut dibuat dari Kayu Belian, yang merupakan Kayu terkuat di Kalimantan. Masjid ini mampu menampung sebanyak 1.500 jama’ah. Di bagian kiri pintu masuk masjid terdapat sebuah pasar tradisional, anda bisa langsung berbelanja setelah melakukan ibadah di masjid ini.

Masjid Jami Pontianak

  1. Tugu Khatulistiwa

Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat kota, mempunyai empat pilar kayu belian dengan dua pilar belakangnya yang dibuat lebih tinggi. Objek wisata ini juga merupakan ikon kebanggaan masyarakat Pontianak. Anda bisa mendapatkan sejumlah infromasi tentang garis imajinasi bumi. Beberapa souvenir juga ikut dijajaakan di tempat ini. Anda bisa mengunjunginya secara gratis dan bagi anda yang ingin mencetak sertifikat bukti kunjungan, anda bisa membayarnya sebesar Rp. 10.000,-. Sertifikat etrsebut sudah dibubuhi tanda tangan Walikota Pontianak.

Bila anda ingin kemari, ada baiknya datang sekitar tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September. Kedua waktu itu merupakan waktu terbaik untuk mengamati fenomena matahari yang berada tepat di garis khatulistiwa, dan semua benda tida memiliki bayangan saat berada di atas garis tersebut.

  1. Rumah Betang Radakng

Objek wisata ini merupakan replika dari rumah adat Suku Dayak, dan berhasil meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang yang berada di Indonesia. Rumah sepanjang 138 meter ini berbentuk panggung yang memanjang, memiliki lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.

Semakin banyak anggota keluarga yang menempati rumah ini, maka semakin panjang rumah yang didirikan. Rumah ini terbuat dari kayu ulin yang disertai dengan ukiran khas Suku Dayak, terdiri dari ruang tidur, teras, dan ruang selasar.

Rumah Betang Radakng

  1. Taman Alun-alun Kapuas

Sungai Kapuas juga dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Tempat ini bisa dikunjungi pada sore dan malam hari yang letaknya tepat berada di depan Kantor Walikota. Di salah satu sudat dari alun-alun ini terdapat sebuah replika Tugu Khatulistiwa, di sini anda juga bisa mencicipi beraneka ragam jajanan kuliner.

  1. Aloe Vera Center

Lokasinya berada di Jalan Budi Utomo, merupakan sebuah tempat budidaya tanaman lidah buaya. Terdapat lidah buaya dengan ukuran yang raksasa dengan berat per pelepahnya sebesar 1.2 kg. Pengolahan lidah buaya menjadi dodol, permen, krim kulit dan tepung juga bisa anda saksikan di tempat ini. buah tangan pun bisa anda beli di Aloe Vera Center.

Aloe Vera Center

  1. Pantai Pasir Panjang

Letaknya sejauh 17 km dari Kota Isngkawang, merupakan pantai yang berpasir putih dengan airnya yang sangat jernih. Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti berenang, bermain voli pantai, memancing atau bahkan berselancar. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti toko oleh-oleh, penginapan dan resto. Anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,- per orang untuk masuk ke kawasan ini.

  1. Sinka Island Park

Anda akan dikenai biaya masuk sebsar Rp. 20.000,- per orang saat mengunjungi pantai yang satu ini. pantai ini juga memiliki kebun binatang dan kolam renang. Sinka Island juga memiliki sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Simping, pulau ini disebut-sebut sebagai pulau terkecil di dunia. Anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 15.000,- untuk menginjakkan kaki di pulau ini.

Sinka Island Park

  1. Museum Kalimantan Barat

Museum ini dibuka dari hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 08.00-16.00 dan hari Jum’at sampai Minggu pukul 08.00-15.00. Museum ini memiliki koleksi yang beragam seperti artefak, benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya Suku Dayak hingga koleksi keramik yang berasal dari Cina.

10 Tempat Wisata di Pontianak yang Terkenal | Aryanti Dewi Safitri | 4.5