10 Tempat Wisata Bengkulu Terkenal Paling Indah

Tempat Wisata Bengkulu Terkenal Paling Indah – Bengkulu merupakan sebuah kota yang masih menjadi bagian dari Pulau Sumatera, kota ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Di kota ini anda bisa menemukan Bunga Rafflesia Arnoldi. Bila melihat sejarah bangsa kita, kota ini juga merupakan salah satu saksi bisu dari perjuangan Soekarno yang pernah diasingkan pada tahun 1938-1941. Bagi anda yang dalam waktu dekat ini akan menginjakkan kaki di kota ini, maka kami rekomendasikan beberapa tempat wisata yang terkenal di Kota Bengkulu. Berikut ulasannya.

  1. Pantai Panjang

Anda cukup melaju sejauh 3 km dari pusat kota untuk menuju Pantai Panjang. Pantai sepanjang 7 km ini memiliki banyak fasilitas seperti tempat penginapan, ruang olahraga, pusat perbelanjaan dan beberapa area lainnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal, biasanya masyarakat sekitar banyak mengunjunginya walau hanya sekedar jogging di sore atau pagi hari.

Pantai Panjang

Tempat Wisata Bengkulu

Pantai ini juga ditumbuhi oleh pohon cemara dan pinus, sungguh menjadi nilai plus tersendiri bagi pantai yang satu ini. Putihnya pasir pantai yang halus membuat anda semakin enjoy untuk berjalan menyusuri badan pantai.anda juga bisa mengajak teman-teman anda untuk bermain voli di sini, tak menutup kemungkinan juga bagi anda pencinta surfing, anda bisa berselancar di pantai ini.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah ini ditempati oleh Bung Karno pada tahun 1938-1942. Di kota inilah beliau bertemu dengan Fatmawati. Rumah ini menjadi salah satu saksi bisu dari proses penyusunan strategi untuk membuat bangsa ini merdeka. Di sini masih terdapat sepeda ontel milik Bung Karno, beberapa koleksi buku serta surat cintanya untu Ibu Fatmawati. Bila anda ingin memasukki rumah ini, anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 2.500,- per orang.

  1. Benteng Marlborough

Benteng ini berdiri pada lahan seluas 44.100 m2 yang dibentuk menyerupai dengan kura-kura. Bangunan ini memiliki sebuah jembatan untuk menghubungkan antara kepala dan badan. Awalnya benteng ini digunakan sebagai markas pertahanan pada masa Gubernur Joseph Callet pada tahun 1713-1719. Benteng ini terletak membelakangi Samudera Hindia.

Benteng Marlborough

  1. Pantai tapak Paderi

Awalnya pantai ini merupakan sebuah pusat pelabuhan laut pemerintah Inggris. Pantai ini menjadi penghubung antara Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Anda bisa menyaksikan sunset yang begitu indah di pantai ini. menghabiskan sore bersama keluarga di sini adalah suasana yang sangat baik bagi anda dan juga keluarga.

  1. Kota Curup

Kota ini merupakan kota yang menjadi letak dari Bunga Rafflesia Arnoldi, kota ini memiliki suhu yang sangat dingin. Suhunya bisa mencapai 18 derajat celcius. Lahan yang ditanami dengan buah dan sayur ini banyak diselimuti kabut tebal. Di sini anda bisa melihat pemandangan yang indah bukan main. Di kota ini jugalah anda bisa menikmati asyiknya mandi di pemandian air panas, di mana airnya bersumber dari mata air alami.

Kota Curup

  1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini juga terletak di Kota Curup, jaraknya hanya sekitar 6 km dari pusat kota. Danau ini banyak dipenuhi oleh bukit yang tinggi. Kawasan cagar alam yang satu ini memiliki banyak potensi yang baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Anda bisa menyusuri danau ini dengan menggunakan rakit. Selain itu anda juga bisa memancing di danau ini sembari menikmati indahnya panorama alam yang ada.

  1. Danau Mas Harun Bastari

Danau ini terletak 17 km dari pusat Kota Curup, tepat di tepi jalan raya yang berbatasan dengan Kota Lubuk Linggau. Objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi karena letaknya yang berdekatan dengan Bukit Kaba.

Di sini terdapat banyak permainan untuk anak kecil dan juga orang dewasa. Anda bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau sepeda air. Lahan seluas 36 hektar ini juga disekelilingi oleh sayur yang segar.

Danau Mas Harun Bastari

  1. Museum Negeri Bengkulu

Beda cagar budaya banyak dirawat di museum ini. Objek wisata yang satu ini dibuka dari hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 8 pagi hingga 1 siang. Ruang pameran yang terdapat di dalamnya menyimpan 6.220 koleksi yang terhimpun atas 10 kategori. Beberapa kategori yang dimaksud adalah historika, biologika, geologika dan sebagainya. Mayoritas museum ini memuat benda yang pernah dipakai untuk keperluan hidup seperti alat tenun, senjata dan beberapa benda upacara.

  1. Bukit Kaba

Bagi anda yang ingin berkunjung kemari, anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 2.500,- per orang. Sebanyak 307 anak tangga harus anda taklukan untuk sampai di bukit ini. Bukit ini memiliki tinggi sekitar 1.952 mdpl. Kelelahan setelah menaiki anak tangga akan terbayar dengan indahnya pemandangan ketika sudah sampai di atas bukit.

Bukit Kaba

  1. Pulau Tikus

Pulau seluas 1.5 hektar ini banyak dikelilingi oleh terumbu karang yang berfungsi sebagai pelindung dari abrasi. Kegiatan snorkel banyak dilakukan di pulai ini karena pesonanya yang begitu indah. Pulau ini terhubung dengan Samudera Hindia, jaraknya sekitar 10 km dari barat Kota Bengkulu. Anda bisa menggunakan kapal nelayan atau kapal boot untuk sampai di pulau ini. Sayangnya dari tahun ke tahun pulau ini berkurang luasnya karena mengalami abrasi.

10 Tempat Wisata Bengkulu Terkenal Paling Indah | Aryanti Dewi Safitri | 4.5